Tuesday 25 December 2012

Sejarah Komputer



Sejarah Perkembangan Komputer
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan  alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi  panjang  dari  penemuan-penemuan  manusia  sejah  dahulu  kala  berupa  alat  mekanik  maupun elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar, yaitu :
1.      Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting  dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.      Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan  tangan secara manual
3.      Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh  motor elektronik
4.      Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji - bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan
perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan
berbasis sepuluh.  Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
Berikut ini adalah perkembangan computer dari masa ke masa :
1.      Difference Engine
Charles Babbage (1792-1871) menemukan sebuah mesin hitung yang disebut dengan Difference engine yang dapat melakukan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan mesin penghitung Difference Engine, Babbage menemukan ide mengenai Analytical Engine (mesin analis). Jadi, konsep Difference Engine ini dilandasi oleh ide Analytical Engine. Hasil pemikiran Babbage yang terperinci dan merupakan hasil penelitian yang valid, telah menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern.
2.      Punched Card
Ditemukan oleh Joseph-Marie Jacquard (1752-1834) yang berkebangsaan Prancis. Punched card, awalnya digunakan untuk mengendalikan alat tenun Jacquard. Alat tenun ini ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan hingga sekarang. Punched card disebut sebagai kartu berlubang, dimana lubang tersebut merupakan inti dari punched card. Punched card ini dirancang desain tenunan. Selanjutnya Babbage tertarik dengan punched card dari alat tenun Jacquard. Ia ingin menerapkan punched card untuk analytical engine-nya. Kemudian pada tahun 1834, Lady Ada Augusta Lovelace meneliti punched card dan ia menilai bahwa punched card dapat dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage dan dapat mengulang operasi-operasi tertentu. Orang-orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama atas penilaian punched card tersebut.
3.      Hollerith (Pemroses Data Otomatis)
Pada tahun 1890 merupakan awal pemrosesan data secara otomatis. Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched card untuk sensus tahun 1890. Mesin yang digunakan dinamakan Hollerith’s punched card mechine. Dengan pemrosesan punched card dan mesin Hollerith, sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Sebelumnya the U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir tahun 1888 dan kemudian dihentikan sebelum berlangsung selama 10 tahun.
Berdasarkan hasil penemuannya itu, Hollerith mendirikan sebuah perusahaan mesin Hollerith yaitu Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Terbukti permintaan mesin Hollerith sangat besar hingga menyebar sampai ke Rusia. Rusia pada tahun 1897 menggunakan mesin Hollerith untuk sensus pertama kalinya. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company bergabung dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.
4.      Electromechanical Accounting Machine
Hasil atau output mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing – Tabulating - Recording Company mengumumkan bahwa  mereka telah menciptakan printer yang disebut dengan lister. Hasil penciptaan mesin pencetak tersebut akhirnya mengubah jalan hidup perusahaan tersebut. Pada tahun 1924 perusahaan tersebut mengubah namanya menjadi International Business Mechine Corporation (IBM). Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched card diperbaiki dengan penambahan beberapa alat serta kemampuan yang lebih pintar. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misalnya nama dan alamat), pada pemrosesan punched card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record).

Berikut ini adalah beberapa generasi komputer :
1.      Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)
Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara – ­negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki computer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Ciri komputer generasi pertama adalah:
·         Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
·         Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
·         Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
·         Setiap komputer memiliki program kode­biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Contoh – contoh komputer generasi pertama adalah sebagai berikut :
a.       Collosus diciptakan tahun 1943, merupakan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia. Komputer ini digunakan oleh negara jerman, tetapi diciptakan oleh Inggris. Komputer ini termasuk dalam kategori komputer yang hanya mampu mengerjakan satu masalah (single purpose)
b.      Kalkulator elektronik, adalah komputer kalkulator elektronik. Komputer ini digunakan oleh tentara marinir Amerika (US Navy). Komputer ini memiliki kabel sepanjang 500 mil sehingga ukurannya hampir setengah lapangan sepak bola. Komputer ini dibuat oleh seoarang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM bernama Howard Aiken.
c.       Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini seperti kalkulator menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mark beroperasi dengan lambat, yaitu 4 – 5 detik untuk setiap kalkulasinya.
d.      Elektronik Numerical Integrator and Computer (ENIAC), dibuat atas kerjasama pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Ukuran komputer ini pun sangat besar, komponen komputer ini terdiri dari 18.000 tabung hampa (vacuum tubes), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder dengan daya listrik sebesar 160 kW. ENIAC termasuk ke dalam komputer serbaguna (multi purpose computer) yang memiliki kecepatan 1000 kali lebih cepat dari MARK I. Komputer ini dirancang oleh John Presper Ecker (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980)
e.       Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), diciptakan pertengahan tahun 1940-an oleh John Von Neumann (1903 – 1957) dengan tim University of Pennsylvania. Komputer ini menggunakan sebuah memori untuk menampung data dan program. Komputer ini sudah mengandalkan CPU sebagai proses sentral untuk mengkoordinasikan semua fungsi dari computer.

2.      Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Komputer generasi ini ditandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya, sehingga komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding komputer pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer. Beberapa komputer pada generasi ini adalah :
a.       Strech, dibuat oleh perusahaah IBM
b.      LARC, dibuat oleh Sprery-Rand
c.       IBM 1620 dan 1410, dibuat oleh perusahaan IBM

Komputer tersebut dikembangkan untuk laboratorium energi atom agar dapat menangani sejumlah besar data yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar  menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Pada generasi ini, beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan, yaitu bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Seiring dengan hal itu, berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst,  dan ahli sistem komputer). Industri peranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3.      Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Pada generasi ini, komputer telah menggunakan IC (Integreted Circuit). Komputer generasi ini juga menggunakan komponen yang lebih praktis dan lebih baik, yaitu semikonduktor yang dipadatkan dalam sebuh chip sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil dari generasi sebelumnya. Transistor memang lebih mengungguli tabung hampa (vacuum tubes), namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) dapat menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit) di tahun 1958.
IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemunusiaan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Komputer yang termasuk dalam generasi ketiga ini adalah :
     PC – XT
     PC – AT 286, 386

4.      Komputer Generasi Keempat (1979 – 2006)
Pada generasi ini, komputer sudah dilengkapi dengan teknologi LSI (Large Scale Integration) yang mampu menyatukan  ratusan komponen dalam sebuah chip. Kemudian, teknologi VLSI (Very Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ribuan komponen dalam sebuah chip. Adapula teknologi ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang memuat jutaan komponen dalam sebuah chip. Dengan demikian, komputer ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, contohnya adalah personal computer sekarang. Sebuah microprocessor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Contoh komputer pada masa generasi ini adalah :


                    PC – AT 486
                    Pentium
                    Pentium II
                    Pentium III
                    Pentium IV
                    Athlon
                    AMD K6
                    Pentium Mobile
                    Core Solo
                    Core Duo
                    Core 2 Duo
                    Core 2 Quad



5.      Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor  yang  memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

No comments:

Post a Comment