Tuesday 25 December 2012

Definisi Komputer



Definisi Komputer
Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin computare yang  berarti  menghitung.  Komputer  mempunyai  arti  yang  sangat  luas  dan  berbeda  untuk  orang  yang  berbeda.  Berikut  ini  salah  satu  definisi  komputer yang didapat dari buku komputer.
Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah  sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan  suatu  langkah-langkah  instruksi-instruksi  program  yang tersimpan di memori (stored program).
Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah :

Komputer Analog
Komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan keadaaan fisik, seperti : suhu, cuaca, jam analog, dan tekanan udara. Data yang dimasukkan dalam bentuk analog. Contohnya, komputer penghitung aliran BBM pada SPBU.

  Komputer Digital
Komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan dalam kondisi benar dan salah dengan menggunakan bilangan binary. Data yang dimasukkan dalam bentuk digital. Contohnya : Komputer yang kita gunakan sekarang.

  Komputer Hibrid
Komputer jenis ini merupakan hasil penggabungan sistem komputer analog dengan komputer digital. Komputer hibrid digunakan untuk menjalankan kerja-kerja penyelidikan, seperti : mengkaji keadaan cuaca, keadaan laut, ramalan keadaan saham di bursa saham, dan masih banyak lagi.

 

No comments:

Post a Comment