Sunday 16 June 2013

Just My Opinion

"just my opinion" itu lah kalimat yang ingin saya ucapkan pertama kali. Mengapa? karena sekarang ini kita sudah cukup sulit untuk mengemukakan pendapat kita, kita tidak bebas berkata-kata walaupun kata-kata tersebut masih dalam batasan-batasan. Kita hanya bisa mengemukakan pendapat kita jika punya "kekuatan" dan bagi yang tidak punya, jangan harap anda bisa "selamat". 


Ya, dunia ini sudah semakin aneh bahkan gila, khususnya di negaraku, Indonesia. Saya mencintai negara ini dan saya bangga menjadi orang Indonesia, tetapi saya tidak suka dan tidak bangga dengan apa yang ada "di dalamnya" khususnya sistem yang sedang dijalankan sekarang ini. Bagaimana aksi kriminalitas yang sudah tidak asing lagi terutama korupsi, bahkan para mahasiswa atupun para organisasi masyarakat yang menyuarakan keadilan dan membela rakyat yang "benar" justru ikut-ikutan melakukan aksi yang tidak terpuji, seperti berdemo yang berujung bentrok. Entah apa yang ada di pikiran mereka, niat membantu tapi malah merepotkan. Mereka selalu menyuarakan perubahan terhadap pemerintah, tetapi mereka tidak pernah menyuarakan perubahan terhadap diri mereka sendiri, mungkin ini lah yang disebut "kuman di sebrang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak". 

Padahal jika mereka menginginkan sebuah perubahan, mereka harus memulai dari masyarakat, tuntutlah juga masyarakat untuk berubah, akan percumah jika mereka hanya menuntut pemerintah yang harus berubah, karena masyarakatlah yang berperan penting dalam pelaksanaan sistem tersebut.

Jadi, kurangilah dalam melakukan hal-hal tersebut, jika kita ingin menuntut perubahan, rubahlah diri kita sendiri dulu kemudian orang disekitar kita. 

No comments:

Post a Comment